Yayasan Sabda Manunggal, Paguyuban Seni Budaya dan Agama

Khitanan massal dan halalbihalal Yayasan Sabda Manunggal Rabu malam (11/05/2022) di Desa Kelangdepok. PEMALANGKAB.GO.ID

Yayasan Sabda Manunggal merupakan paguyuban yang bergerak di bidang seni budaya dan juga agama yang mendasari diri dari alam, serta ajaran-ajaran agama dan Jawa dari leluhur. Yayasan Sabda Manunggal ini berada di Desa Kelangdepok Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Namun tidak hanya di Kabupaten Pemalang, yayasan ini juga ada di tiga kabupaten lainnya yakni Batang, Pekalongan, dan Tegal.

Anggota Yayasan Sabda manunggal sendiri berasal dari ujung timur, Jawa Timur kemudian ujung barat, sampai Cirebon dan juga luar pulau yang aktif dalam setiap kegiatan yang sudah terjadwalkan. Salah satu kegiatan yang baru saja dilaksanakan pada Rabu malam (11/05/2022), adalah khitan massal dan juga pengajian sekaligus halalbihalal di Desa Kelangdepok.

Khitanan massal ini diikuti oleh 16 peserta, dan peserta yang berpartisipasi tidak hanya datang dari Kabupaten Pemalang, namun juga ada yang datang dari kota Pekalongan yang juga turut meramaikan.

Acara khitanan massal ini juga dihadiri Mukti Agung Wibowo, Bupati Pemalang. Bupati Agung memberikan apresiasi dan penghargaan walaupun pihaknya baru mengenal yayasan ini, namun Agung meyakini tujuan dan juga seluruh anggotanya punya tekad yang luar biasa untuk menciptakan komunitas yang sadar akan kelestarian budaya jawa.

“Ini sebagai wujud yang luar biasa, bahwa paguyuban yang sekarang berubah menjadi yayasan ini adalah hal yang luar biasa dari masyarakat Kabupaten Pemalang, Luar biasanya lagi pesertanya bukan dari Pemalang saja tapi dari berbagai daerah sekitar secara tidak langsung ada yang sudah ikut paguyuban, menunjukkan bahwa ini luar biasa,” kata Agung.

Keberadaan yayasan ini merupakan wadah agar masyarakat mau melestarikan budaya leluhur yang ada, dan juga menjadikan menjadikan semua warga peduli dan bangga pada Pemalang, tidak hanya itu, tapi juga supaya Pemalang bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas akan kesadaran budayanya.

Pendiri yayasan Sabda Manunggal Pemalang menjelaskan, Pemalang sendiri sudah mewakili 14 Kecamatan, yang artinya masyarakatnya sudah diayomi oleh Paguyuban Sabda Manunggal dalam hal pelestarian budayanya, yayasan juga sudah mendapat dukungan dari pemerintah setempat.

Dalam acara ini Bupati juga menyampaikan kondisi pandemi sudah semakin melandai berkat doa dan dukungan ikhtiar kerja keras semuanya termasuk Paguyuban Sabda Manunggal Pemalang yang juga ikut berpartisipasi dalam mensukseskan vaksinasi dan juga mensosialisasikan protokol kesehatan. Berkat partisipasi tersebut, kini target vaksinasi Kabupaten Pemalang sudah berhasil terpenuhi dan pemerintah pusat memberikan kelonggaran aktivitas dan memberikan cuti bersama.

Add Comment