Resmikan Jembatan Penghubung Pemalang-Pekalongan, Ganjar: Semoga Bisa Naikkan Perekonomian

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau lokasi jembatan usai diresmikan. (Foto: Pemkab Pemalang)

Kesesi – Sebanyak tiga jembatan yang menghubungkan Kabupaten Pemalang dengan Pekalongan diresmikan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (7/1/2020). Jembatan tersebut yaitu Jembatan Kesesi, Polaga, dan Kalikeruh.

Peresmian yang dipusatkan di Jembatan Kesesi ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Ganjar. Dirinya berharap, peresmian jembatan ini mampu menaikkan laju lalu lintas dan perekonomian di kedua kabupaten.

Gubernur pun meminta masyarakat untuk merawat lingkungan jembatan, seperti tanaman di lingkungan jembatan, sehingga terlihat rindang. Selain itu gubernur juga mengimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Buanglah sampah di tempatnya dengan baik. Kelola dengan baik, kalau tidak bisa tanya Pak Bupati,” tegasnya.

Dikerjakan Selama Dua Tahun Anggaran

Proyek dengan nama penggantian Jembatan Kesesi ini menghubungkan antara Desa/Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan dengan Desa Kesesirejo, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. Jembatan dengan panjang 160 meter ini dibiayai dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jawa Tengah tahun anggaran 2018 sampai 2019. Sementara pada tahun anggaran 2019 ini mempunyai nilai kontrak Rp 14.806.880.000.

Sedangkan penggantian Jembatan Polaga yang menghubungkan Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang dengan Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan juga dikerjakan selama dua tahun anggaran. Pada tahun anggaran 2019 ini memiliki nilai kontrak Rp 12.845.448.000 dengan panjang 140 meter.

Jembatan Kalikeruh yang menghubungkan Desa Medayu di Kabupaten Pemalang dengan Desa Luragung Kabupaten Pekalongan ini merupakan bantuan APBD Provinsi Jawa Tengah ke APBD Kabupaten Pekalongan tahun anggaran 2019. Jembatan yang dikerjakan dengan nilai proyek Rp 14.662.841.310 ini memiliki panjang 130 meter dengan lebar 8 meter.

Add Comment