Pimpin Upacara HSN, Bupati Pemalang Berharap Santri Bisa Menjaga NKRI

Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Di Pendopo Kabupaten Pemalang. Sumber: Humas Pemkab Pemalang.

Kebondalem – Bupati Pemalang, Dr. H. Junaedi, S.H., M.M. memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019. Upacara tersebut dilaksanakan di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (22/10/2019).

Bupati berharap santri pada zaman serba maju bisa bergerak dalam segala segi kehidupan. Hal tersebut berkaitan dengan posisi santri yang strategis sehingga diharapkan bisa menjaga perdamaian masyarakat Indonesia.

“Pondok pesantren harus mampu berperan dan berkontribusi menanamkan moralitas, mentransformasikan keilmuan dan merawat khasanah kearifan lokal di masyarakat”, ujarnya.

Dilansir dari laman Pemkab Pemalang, Bupati juga menyampaikan agar masyarakat terus menjaga situasi damai pasca dilantiknya Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden KH. Makruf Amin.

“Lupakan perbedaan, hentikan perdebatan yang membawa perpecahan. Stop Hoaxs dan hate speech”, tegasnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Santri Indonesia dan penyerahan bantuan dari Baznas Kabupaten Pemalang kepada santri yang berprestasi.

Kebhinekaan Identitas Bangsa Indonesia

Bhineka artinya beragam. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia terdiri dari berbagai jenis ras, suku dan budaya yang menyatu kemudian hidup berdampingan.

Menurut Sri Sultan Hamengku Buwono X, dengan adanya keberagamaan maka tak perlu adanya istilah minoritas dan mayoritas karena semua sama.

“Negara Indonesia ini kan dibangun dengan persatuan, bukan kesatuan. Jadi marilah kita usung bersama semangat persatuan ini dengan kebersamaan. Tidak ada itu mayoritas, minoritas. Semua sama,” tuturnya.

Presiden RI, Joko Widodo menegaskan perihal persatuan dan kesatuan bangsa adalah kunci dalam meraih kemajuan bangsa. Oleh karenanya masing-masing warga negara Indonesia untuk terus mempererat persaudaraan sesama.

“Hanya dengan bersatu, kita akan menjadi negara yang kuat dan disegani di dunia. Ideologi Pancasila adalah satu-satunya ideologi bangsa yang setiap Warga Negara harus menjadi bagian darinya.”, tegas Jokowi dalam pidato kebangsaannya.

Add Comment