Jelang Akreditasi SNARS, RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang Adakan Penguatan dengan Dewan Pengawas

Foto bersama pada acara Penguatan Persiapan Akreditasi SNARS Edisi 1 Bersama Dewan Pengawas RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Sumber : Humas RSUD dr. M. Ashari.

Mulyoharjo – Minggu kedua bulan Oktober kemarin, RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang menggelar acara “Penguatan Persiapan Akreditasi SNARS Edisi 1 Bersama Dewan Pengawas RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang”. Acara yang dilangsungkan di Hotel Winner Pemalang ini digelar menyusul adanya akreditasi pada bulan November nanti.

Dihadiri oleh direktur dan jajaran manajemen rumah sakit meliputi Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Keuangan, Kepala Bidang Pelayanan dan Kepala Bidang Penunjang. Para Kepala sub bagian dan para Kepala Seksi serta tim akselerasi akreditasi di RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang.Turut hadir dewan pengawas rumah sakit yakni Drs. H. Sugianto, M.Si., Drs. M. A. Puntodewo, M. Si., dan dr. Aris Munandar.

Direktur RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang, dr. Sunardo Budi Santoso, Sp.THT-KL, M.Kes. membuka acara dengan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan seluruh jajaran managemen rumah sakit harus siap menghadapi akreditasi pada bulan November mendatang. Hal ini dilansir dari situs resmi RSUD dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang.

“Minimal 3 bulan sekali akan diadakan acara pertemuan antara manajemen rumah sakit dengan Dewan Pengawas secara rutin. Untuk masalah akreditasi, suka atau tidak, seneng atau tidak dan siap atau tidak, pada bulan nopember 2019 nanti kita harus reakreditasi, karna akreditasi ini merupakan kewajiban rumah sakit. dengan mengucapkan bismillahhirohmannirrohim kita siap menghadapi reakreditasi nanti.”, ujarnya.

Dewan Pengawas rumah sakit menilai acara ini sebagai media untuk mencairkan hubungan antara manajemen rumah sakit dengan Dewan Pengawas. “Acara seperti ini sangat penting karena bisa mencairkan hubungan antara manajemen rumah sakit dengan Dewan Pengawas, sehingga terjalin komunikasi yang baik, hal ini dilakukan untuk kemajuan rumah sakit itu sendiri.”, jelasnya.

Apa itu akreditasi SNARS?

SNARS merupakan kependekan dari Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Akreditasi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana mutu pelayanan kesehatan pada setiap rumah sakit.

Sekretaris Jenderal Kemenkes RI, Untung Suseno Sutarjo telah meluncurkan Instrumen Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 pada Maret 2018 lalu.

“Untuk mewujudkan Rumah Sakit yang bermutu dan berdaya saing tinggi berdasarkan UU No 44 tahun 2009 Rumah Sakit wajib melakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali.”, imbuhnya.

Pada Permenkes No 34 Tahun 2017 dijelaskan bahwa lembaga independen yang bertugas melakukan penilaian harus terakreditasi oleh Lembaga Internasional Society for Quality in Healthcare (ISQua). Dalam hal ini, KARS Indonesia yang menjadi lembaga independen penyelenggara akreditasi rumah sakit di Indonesia telah sesuai dengan standar ISQua.

Add Comment